Jumat, 26 Agustus 2011

makalah


Tugas Membuat Makalah Mata Kuliah IF2251 Strategi Algoritmik Departemen Teknik Informatika ITB
Rinaldi Munir1, Wahyudi Arifandi2, Martharany Rumondang3, Antonius Santoso4
Laboratorium Ilmu dan Rekayasa Komputasi
Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10, Bandung
Abstrak
Mahasiswa Teknik Informatika sebaiknya tidak hanya mampu membangun program aplikasi, tetapi juga diharapkan mampu menulis karya ilmiah. Dengan membuat tulisan, maka berbagai pemikiran, karya, maupun, penelitian di bidang Informatika dapat dikomunikasikan ke tengah masyarakat. Salah satu mata kuliah dasar di Teknik Informatika adalah IF2251 Strategi Algoritmik. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah IF2251 diwajibkan menulis sebuah makalah ilmiah dengan memilih salah satu topik strategi algoritmik (lihat penjelasan tugas di bawah ini). Manfat menulis makalah ini, selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, juga memicu mahasiswa untuk me-review kembali semua bahan kuliah yang sudah pernah diberikan, ternasuk referensi lain dari berbagai sumber (buku teks, Internet, jurnal, dsb), sebagai persiapan Ujian Akhir Semester. Makalah yang bagus mungkin saja akan diikutsertakan pada seminar-seminar tentang teknologi informasi.

Kata kunci: makalah, karya ilmiah, strategi algoritmik,


1. Pendahuluan
Buatlah makalah ilmiah yang berkaitan dengan strategi algoritmik dengan memilih salah satu dari topik berikut:
a.     Algoritma Brute Force.
b.     Algoritma Greedy.
c.     Algoritma Divide and Conquer.
d.     DFS dan BFS.
e.     Algoritma Runut-balik (backtracking).
f.      Algoritma Branch and Bound.
g.     Program Dinamis.
h.     Pencocokan String.

Pada dasarnya, topik-topik tentang bidang teknologi informasi dan topik lain yang terkait dengan strategi algoritmik tetap dipertimbangkan untuk dinilai.

Tujuan penulisan makalah:
1.   Memotivasi mahasiswa agar memiliki kemampuan menulis untuk menuangkan ide-ide atau hasil risetnya;
2.   Melakukan eksplorasi terhadap isu, metode, dan masalah yang dipelajari dalam pengembangan serta menyebarkan aplikasi yang mendukung teknologi informasi;
3.   Sebagai media untuk berbagi informasi hasil-hasil pemikiran dan penelitian. Semua makalah mahasiswa akan dimuat di dalam website dosen, sehingga siapa pun dapat melihat dan membaca katya ilmiah mahasiswa Teknik Informatika Tahun kedua;


Dokumen ini memperlihatkan contoh format penulisan makalah. Aturan penulisan naskah dapat dilihat pada bagian 5 dari dokumen ini.

2. Ruang Lingkup
Makalah dapat berisi berbagai pemikiran, usulan, konsep, pengembangan, atau kajian dari berbagai literatur tentang topik-topik yang dibahas di dalam mata kuliah  strategi algoritmik.

3. Pengumpulan Tugas

Makalah ini dibuat per kelompok, sesuai dengan kelompok tugas-tugas sebelumnya.
Makalah diserahkan paling lambat tanggal 20 Mei 2005 ke meja Dosen IF2251 dalam dua bentuk:
1.  Hardcopy: print out dari makalah.
2.  Softcopy: dalam format PDF, dikirim langsung ke alamat e-mail: rinaldi@informatika.org

Semua makalah akan di-publish di dalam  www.informatika.org/~rinaldi

4. Tanggal Penting
- Pemberian tugas makalah: 10 Mei  2005
- Pengumpulan: 20 Mei 2005
- Upload makalah ke situs web:  23 Mei 2005

4. Aturan Penulisan Naskah
Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan susunan penulisan yang terdiri dari: judul, nama penulis dan instansi, abstrak (maksimal 200 kata), kata kunci, isi makalah, apendiks (jika ada), dan daftar pustaka.  Jumlah halaman penulsian makalah maksimal 6 halaman.

Naskah ditulis pada kertas berukuran A4 berformat doc dengan margin 3-3-2-2 cm (left-top-right-bottom), lebar tiap kolom 7.5 cm dengan jarak antar kolom 1 cm, menggunakan huruf Times New Roman 10 point dengan spasi tunggal. Contoh tulisan beserta template-nya dengan menggunakan MS Words dapat dilihat di  dalam situs www.informatika.org/~rinaldi/Stmik/tugas.htm. 

Judul harus ditulis secara ringkas, tetapi cukup informatif untuk menggambarkan isi makalah. Jika memungkinkan hindari penggunaan singkatan. Huruf setiap awal kata pada judul berupa huruf kapital, kecuali kata sandang, kata depan, dan kata sambung.

Nama-nama penulis harus tertulis jelas. Jika seorang penulis mempunyai institusi yang berbeda dengan yang lainnya, setiap nama penulis harus diikuti dengan nomor urut superscript dan institusinya dengan nomor superscript yang sama. Nama institusi penulis beserta alamat pos institusi tidak boleh disingkat.

Abstrak berisi penjelasan isi penelitian secara umum dan kesimpulan utama. Abstrak haruslah bisa berdiri sendiri, tidak mencantumkan nomor tabel, nomor gambar, atau referensi. Panjang abstrak tidak boleh lebih dari 200 kata.

Kata kunci harus dipilih untuk menggambarkan isi makalah. Pada umumnya, kata-kata ini dapat diambil dari judul dan abstrak.

Isi makalah harus diawali dengan bagian “1. Pendahuluan” dan diakhiri dengan bagian “Kesimpulan”. Judul subbagian diberi nomor (contoh: 2.2, 2.3) dengan nomor pertama adalah nomor bagian. Demikian juga halnya dengan judul subbagian.

Rumus-rumus harus diketik rapi dan dapat dibaca serta diberi nomor dalam tanda kurung pada tepi kanan halaman. Satuan sebaiknya menggunakan Sistem Internasional (SI).

Referensi harus dinyatakan di dalam teks dengan nomor yang diikuti oleh tanda kurung siku, seperti [1], [2,3], dan [4-8,11].

Daftar pustaka diberi nomor urut berdasarkan abjad nama belakang penulis dan ditulis pada akhir makalah setelah acknowledgement dan apendiks (jika ada). Setiap nomor referensi berhubungan dengan satu referensi. Referensi yang berbeda dengan penulis yang sama harus ditulis dengan nomor yang berbeda. Contoh daftar pustaka dapat dilihat sebagai berikut:

1.       E. Barnad and D. Casasent, Shift Invariance and the Neocognitron, in Neural Networks, Band 3, S. 403-410, Pergamon Press, 1990.
2.       K. Fukushima, Handwritten Aplhanumeric Character Recognition by the Neocognitron, IEEE Trans. on Neural Networks, Vol. 2, No. 3, May 1991
3.       D. De Ridder, Shared weight neural networks in image analysis, M.Sc. Thesis, TU Delft, March 1996
4.       D. Rumelhart and J. McClelland (Ed.), Parallel Distributed Processing, Vol. 1, MIT Press, Cambridge, Massachusetts, 1986


Contoh-contoh makalah yang sudah pernah dibuat mahasiswa pada kuliah yang lain, yaitu IF5054 Kriptografi, dapat dilihat di  dalam: http://www.informatika.org/~rinaldi/Kriptografi/Makalah.htm (namun dengan format makalah yang sedikit berbeda dari format yang dituliskan ini)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar